Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru
PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) PGRI 2 PALEMBANG
A. IDENTITAS RESPONDEN
1. JenisKelamin
2. Umur : a : 21-30 tahun b.31-40tahun c. >40 tahun
3. Jabatan :
4. Pendidikan: a. Diploma b. Strata 1 c. Strata 2 d. Lainnya
B. Pilihlah jawaban yang anda anggap paling benar!
1= Sangat tidak baik (STB) 4= Baik (B)
2= Tidakbaik (TB) 5= Sanga tbaik (SB)
3= Cukup (C)
1. VARIABEL MOTIVASI KERJA (X1)
NO
|
PERNYATAAN
|
Jawaban
|
||||||
STB
|
TB
|
C
|
B
|
SB
|
||||
I
|
FISIOLOGIS
|
|||||||
1
|
Dorongan dari dalam diri anda untuk giat dalam bekerja
|
|||||||
2
|
Dorongan dari dalam diri anda untuk dating tepat waktu dan tidak terlambat
|
|||||||
3
|
Keinginan anda untuk melaksanakan tugas dan kewajiban
yang dibebankan oleh pimpinan
|
|||||||
II
|
RASA AMAN
|
|||||||
4
|
Perasaan anda bahwa peralatan kerjaan sudah baik dan keinginan dari dalam diri anda untuk mendapatkan peralatan kerja yang lebih baik lagi
|
|||||||
5
|
Keinginan anda untuk mendapatkan kondisi ruang kerja yang nyaman
|
|||||||
6
|
Keinginan anda untuk bersosialisasi dengan sesame rekan kerja
|
|||||||
7
|
Keinginan anda untuk dapat berinteraksi dengan sesame rekan kerja maupun siswa
|
|||||||
III
|
SOSIAL
|
|||||||
8
|
Keinginan anda untuk dapat berkomunikasi dengan baik dengan sesama rekan kerja dalam menyelesaikan suatu tugas
|
|||||||
9
|
Keinginan anda untuk mempunyai lingkungan kerja yang mendukung sehingga dapat berkonsentrasi dengan baik
|
|||||||
10
|
Keinginan anda untuk dihormati oleh sesama rekan kerja
|
|||||||
11
|
Perasaan dari dalam diri anda bahwa pekerjaan sekarang adalah posisi yang
baik
|
|||||||
IV
|
PENGHARGAAN
|
|||||||
12
|
Perasaan dari dalam diri anda untuk dihargai
ide-ide maupun hasil- hasil kerja anda oleh sesama rekan kerja maupun pimpinan
|
|||||||
13
|
Keinginan anda untuk berkreasi dan dihargai oleh sesama rekan kerja, siswa maupun orang
lain
|
|||||||
14
|
Keinginan anda untuk mendapatkan pengakuan yang baik dari hasil kerja anda
|
|||||||
15
|
Keinginan anda untuk dapat penghargaan dari hasil kerja yang
telah diberikan
|
|||||||
V
|
AKTUALISASI
DIRI
|
|||||||
16
|
Dorongan dari dalam diri anda untuk bekerja lebih baik sehingga dapat promosi jabatan
|
|||||||
17
|
Dorongan dari dalam diri anda untuk meningkatkan kemampuan kerja sehingga mempunyai prestasi kerja yang baik
|
|||||||
18
|
Dorongan dari dalam diri anda untuk mendapatkan tugas yang menantang dan menyelesaikannya dengan baik
|
|||||||
19
|
Perasaan bangga anda terhadap posisi sekarang
|
2. VARIABEL LINGKUNGAN KERJA (X2)
NO
|
PERNYATAAN
|
Jawaban
|
||||
STB
|
TB
|
C
|
B
|
SB
|
||
I
|
Lingkungan kerja fisik
|
|||||
1
|
Guru mempunyai meja kerja sendiri-sendiri
|
|||||
2
|
Suasana kantor/ ruang guru sangat nyaman
|
|||||
3
|
Kerapian tata ruang kantor/ruang guru
|
|||||
4
|
Warna ruangan guru/ruang kantor menarik
|
|||||
5
|
Kebersihan ruang kantor/ruang guru
|
|||||
6
|
Penilaian ruang guru/kantor sangat baik
|
|||||
7
|
Cahaya/penerangan ruang guru/kantor sangat baik
|
|||||
8
|
Kebersihan dan kerapian lingkungan kelas
|
|||||
9
|
Kebersihan dan kerapian halaman sekolah
|
|||||
10
|
Kebersihan kamar mandi /WC di lingkungan sekolah
|
|||||
II
|
Lingkungan kerja non fisik
|
|||||
11
|
Keadaan guru di
sekolah ini membuat anda nyaman dalam bekerja
|
|||||
12
|
Keadaan siswa di sekolah ini membuat anda nyaman dalam bekerja
|
|||||
13
|
Teman kerja di
sekolah ini simpatik dan bersahabat kepada anda
|
|||||
14
|
Kerjasama kelompok dalam menyelesaikan suatu pekerjaan membuat anda senang dan nyaman
|
|||||
15
|
Anda dapat melakukan komunikasi terhadap siswa dengan baik
|
|||||
16
|
Guru dapat melakukan komunikasi terhadap siswa dengan baik
|
|||||
17
|
Penghargaan siswa terhadap
guru sangat baik
|
|||||
18
|
Komunikasi guru dan masyarakat sekitar sekolah terjalin dengan baik
|
|||||
19
|
Sikap teman kerja anda merasa nyaman dalam bekerja
|
|||||
20
|
Jalinan kerja sama dengan rekan-rekan guru anda nyaman dalam bekerja
|
3. VARIABEL KINERJA (Y)
NO
|
PERNYATAAN
|
Jawaban
|
||||
STB
|
TB
|
C
|
B
|
SB
|
||
I
|
Kualitas Hasil Kerja
|
|||||
1
|
Ketelitian dan kerapian guru dalam membuat materi ajar
|
|||||
2
|
Kecepatan dan ketepatan guru dalam menyampaikan pelajaran
|
|||||
3
|
Kecepatan guru dalam mengajar
|
|||||
4
|
Kemampuan guru untuk merencanakan pembuatan kurikululm
|
|||||
II
|
Kualitas hasil kerja
|
|||||
5
|
Kemampuan guru dalam menyusun rencana satu periode
|
|||||
6
|
Jumlahpekerjaan yang dapat dikerjakan dalam satu periode
|
|||||
7
|
Kemampuan guru dalam melaksanakan perintah atau instruksi kerja
|
|||||
8
|
Kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan dalam waktu tertentu
|
|||||
III
|
Kemampuan Bekerja Sendiri
|
|||||
9
|
Kemampuan guru
dalam menyelesaikan pekerjaan secara individu
|
|||||
10
|
Kemampuan guru dalam memecahkan masalah tanpa bantuan orang lain
|
|||||
11
|
Kemampuan guru dalam menyampaikan ide-ide
|
|||||
12
|
Kemampuan guru dalam melaksanakan
proses belajar mengajar tanpa bantuan orang lain
|
|||||
IV
|
Pengetahuan dan keterampilan kerja
|
|||||
13
|
Tingkat pengetahuan guru dalam materi pembelajaran
|
|||||
14
|
Tingkat penguasaan guru dalam memahami psikologi pengajaran
|
|||||
15
|
Keterampilan guru dalammengajar
|
|||||
16
|
Pengetahuan guru dalam memanfaatkan teknologi yang mendukung proses pembelajaran
|
|||||
VI.
|
Tanggungjawab
|
|||||
17
|
Tanggung jawab guru terhadap materi ajar yang disampaikan
|
|||||
18
|
Tanggung jawab guru dalam menyelesaikan pekerjaan
|
|||||
19
|
Tanggung jawab guru terhadap prestasi peserta didik
|
|||||
20
|
Tanggung jawab guru terhadap hasil evaluasi terhadap siswa
|
Sumber:
Darwin, SDM, Bina Darma, Palembang
Komentar
Posting Komentar