Pengaruh Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru

PENGARUH MOTIVASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) PGRI 2 PALEMBANG



A. IDENTITAS RESPONDEN
1. JenisKelamin
2. Umur   :       a : 21-30 tahun     b.31-40tahun   c. >40 tahun
3. Jabatan   :
4. Pendidikan:       a. Diploma         b. Strata 1         c. Strata 2         d. Lainnya

B. Pilihlah jawaban yang anda anggap paling benar!
1= Sangat tidak baik (STB) 4= Baik (B)
2= Tidakbaik (TB) 5= Sanga tbaik (SB)
3= Cukup (C)

1. VARIABEL MOTIVASI KERJA (X1)

NO
PERNYATAAN
Jawaban
STB
TB
C
B
SB
I
FISIOLOGIS





1
Dorongan dari dalam diri anda untuk giat dalam bekerja





2
Dorongan dari dalam diri anda untuk dating tepat waktu dan tidak terlambat





3
Keinginan anda untuk melaksanakan tugas dan kewajiban yang dibebankan oleh pimpinan





II
RASA AMAN





4
Perasaan anda bahwa peralatan kerjaan sudah baik dan keinginan dari dalam diri anda untuk mendapatkan  peralatan kerja yang lebih baik lagi





5
Keinginan anda untuk mendapatkan kondisi ruang kerja  yang nyaman





6
Keinginan anda untuk bersosialisasi dengan sesame rekan kerja





7
Keinginan anda untuk dapat  berinteraksi dengan sesame rekan kerja maupun  siswa





III
SOSIAL





8
Keinginan  anda  untuk  dapat  berkomunikasi  dengan  baik dengan sesama  rekan kerja  dalam  menyelesaikan  suatu  tugas





9
Keinginan anda untuk  mempunyai  lingkungan  kerja  yang mendukung sehingga  dapat  berkonsentrasi  dengan  baik





10
Keinginan anda untuk dihormati oleh sesama rekan kerja





11
Perasaan dari dalam diri anda bahwa pekerjaan sekarang adalah posisi yang baik





IV
PENGHARGAAN





12
Perasaan dari dalam diri  anda untuk dihargai ide-ide  maupun hasil- hasil kerja anda oleh sesama rekan kerja maupun pimpinan





13
Keinginan anda untuk berkreasi dan dihargai oleh sesama rekan kerja, siswa maupun orang lain





14
Keinginan anda untuk mendapatkan pengakuan yang baik dari hasil kerja anda





15
Keinginan anda untuk dapat penghargaan dari hasil kerja yang telah diberikan





V
AKTUALISASI DIRI





16
Dorongan dari dalam diri anda untuk bekerja lebih baik sehingga dapat promosi  jabatan





17
Dorongan dari dalam diri anda  untuk  meningkatkan kemampuan kerja sehingga  mempunyai  prestasi  kerja yang  baik





18
Dorongan dari dalam diri anda untuk mendapatkan tugas yang menantang dan menyelesaikannya dengan baik





19
Perasaan bangga anda terhadap posisi sekarang






2. VARIABEL  LINGKUNGAN KERJA (X2)


NO
PERNYATAAN
Jawaban
STB
TB
C
B
SB
I
Lingkungan kerja fisik





1
Guru   mempunyai  meja  kerja sendiri-sendiri





2
Suasana kantor/ ruang  guru  sangat  nyaman





3
Kerapian tata ruang kantor/ruang  guru





4
Warna ruangan guru/ruang kantor menarik





5
Kebersihan ruang kantor/ruang  guru





6
Penilaian ruang guru/kantor sangat baik





7
Cahaya/penerangan ruang guru/kantor sangat baik





8
Kebersihan dan kerapian lingkungan kelas





9
Kebersihan dan kerapian halaman sekolah





10
Kebersihan kamar mandi /WC di lingkungan sekolah





II
Lingkungan kerja non fisik





11
Keadaan  guru di sekolah ini membuat anda  nyaman  dalam bekerja





12
Keadaan siswa di sekolah ini membuat anda nyaman dalam bekerja





13
Teman kerja  di sekolah ini simpatik dan bersahabat kepada anda





14
Kerjasama kelompok dalam menyelesaikan suatu pekerjaan membuat anda senang dan nyaman





15
Anda dapat melakukan komunikasi terhadap siswa dengan baik





16
Guru dapat  melakukan komunikasi terhadap siswa dengan baik





17
Penghargaan  siswa terhadap guru  sangat baik





18
Komunikasi guru dan masyarakat  sekitar  sekolah terjalin dengan baik





19
Sikap teman kerja anda merasa nyaman dalam bekerja





20
Jalinan kerja sama dengan rekan-rekan guru anda nyaman dalam bekerja






3. VARIABEL  KINERJA (Y)


NO
PERNYATAAN
Jawaban
STB
TB
C
B
SB
I
Kualitas Hasil Kerja





1
Ketelitian dan  kerapian guru dalam  membuat materi  ajar





2
Kecepatan dan ketepatan  guru dalam menyampaikan pelajaran





3
Kecepatan  guru  dalam mengajar





4
Kemampuan  guru  untuk  merencanakan  pembuatan kurikululm





II
Kualitas hasil kerja





5
Kemampuan  guru  dalam menyusun rencana satu periode





6
Jumlahpekerjaan  yang  dapat dikerjakan  dalam satu periode





7
Kemampuan  guru dalam melaksanakan  perintah atau instruksi kerja





8
Kemampuan dalam menyelesaikan pekerjaan dalam waktu tertentu





III
Kemampuan Bekerja Sendiri





9
Kemampuan  guru dalam menyelesaikan pekerjaan secara individu





10
Kemampuan guru dalam memecahkan masalah tanpa bantuan  orang  lain





11
Kemampuan guru dalam menyampaikan  ide-ide





12
Kemampuan  guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar tanpa bantuan  orang  lain





IV
Pengetahuan dan keterampilan kerja





13
Tingkat pengetahuan guru dalam materi pembelajaran





14
Tingkat penguasaan guru dalam memahami psikologi pengajaran





15
Keterampilan guru dalammengajar





16
Pengetahuan guru dalam memanfaatkan teknologi  yang mendukung  proses  pembelajaran





VI.
Tanggungjawab





17
Tanggung  jawab  guru terhadap materi  ajar yang disampaikan





18
Tanggung jawab guru dalam menyelesaikan pekerjaan





19
Tanggung jawab guru terhadap prestasi peserta didik





20
Tanggung jawab guru  terhadap hasil evaluasi terhadap siswa






Sumber:
Darwin, SDM,  Bina Darma, Palembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paradigma bahasa pemrograman

ANGKET EVALUASI TATA KELOLA TI DENGAN FRAMEWORK COBIT 5