ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI

ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPENSASI
TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PENERANGAN
JALAN PERTAMANAN DAN PEMAKAMAN (DPJPT)
KOTA PALEMBANG



  

DATA RESPONDEN
JenisKelamin      :  1.Laki-laki         2. Wanita
Pendidikan          : 1. S2                   2.  S1            3.Diploma       4.SMK     5.SMP      6.SD
Usia                       :    1. 18-25 th
                                    2. 26-35 th       
                                    3.> 35
Golongan            : 1.II                       2. III                 3.IV

Lama Kerja         : 1. 0-5 th               2. 6-15 th          3.> 15 th


Tabel Bobot menurut Skala Likert

Bobot
Keterangan
1
Tidak Pernah
2
Jarang
3
Kadang-kadang
4
Sering
5
Selalu
 


I.   MOTIVASI




NO

Pernyataan
Selalu
Sering
Kadang2
Jarang
Tidak
Pernah
5
4
3
2
1
a.     Kebutuhan Fisiologis





1
Saya perlu dorongan, semangat, dalam hidup untuk bekerja





2
Saya adalah seorang yang mudah termovivasi dan bergairah kerja





3
Saya perlu dorongan, dan semangat untuk kebutuhan hidup





b.               b. Kebutuhan Keamanan





4
Saya merasakan perlunya fasilitas keamanan dalam bekerja





5
Saya perlu kenyamanan bekerja





6
Saya membutuhkan jaminan keamanan kerja





c.         Kebutuhan Sosial





7
Saya memerlukan dorongan dari dalam diri untuk bersaing secara sehat dengan sesame pegawai





8
Lingkungan pekerjaan, suasana kerja dan kebersamaan mempengaruhi saya dalam bekerja





9
Bagi saya, bekerja merupakan bagian dari pengabdian terhadap lembaga, maka ada keinginan saya untuk bekerja dengan baik





10
Dorongan dari dalam diri saya untuk melaksanakan diskusi dengan sesama pegawaian adalah salahsatu cara belajar yang baik





11
Persaingan yang sehat akan membuat saya berusaha untuk belajar lebih baik lagi





d.       Kebutuhan Penghargaan





12
Saya memiliki rasa bangga bekerja pada posis isaat ini





13
Saya merasakan terdapat dorongan dari dalam diri untuk bekerja keras agar mendapatkan penilaian istimewa dari pemimpin, sehingga cepat naik pangkat





14
Saya memiliki dorongan dari dalam diri untuk memberikan yang  terbaik bagi lembaga







15
Saya memiliki dorongan dari dalam diri untuk memperlihatkan prestasikerja yang baik





e.              e.       Kebutuhan Aktualisasi





16
Saya memiliki keinginan untuk mendapatkan tugas lebih banyak





17
Saya merasakan dorongan dari dalam diri untuk bekerja melebihi jam kerja





18
Saya berkeinginan untuk bekerja lebih keras, agar kelak dapat menjadi pemimpin





19
Saya memiliki semangat berusaha maksimal dalam bekerja sesuai kemampuan yang ada pada dirinya untuk mengejar kekuragan





20
Saya memiliki perasaan biasa saja di dalam menerima tugas yang berat sekalipun, karena saya merasa mampu untuk melaksanakannya.






II.  KOMPENSASI


NO

Pernyataan
Selalu
Sering
Kadang2
Jarang
Tidak
Pernah
5
4
3
2
1
a.       Kebutuhan





1
Saya memerlukan kebutuhan hidup





2
Saya bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup





3
Kebutuhan hidup saya penuhi melalui kompensasi





b. Batas Jasa (Rewards)





4
Kompensasisangatpentingbagisaya





5
Tujuan saya bekerja untuk mendapatkan kompensasi





6
Saya diberikompensasi karena bekerja





c. Langsung (gaji, upah)





7
Kompensasi saya dibayar langsung karena saya bekerja





8
Kompensasi saya sesuai keinginan dan kebutuhan saya





9
Kompensasi yang saya terima sesuai dengan kesepakatan





10
Kompensasi yang saya diterima sesuai pekerjaan saya





11
Kompensasi saya dibayar sesuai jabatan saya





e. Kepuasan/keadilan





12
Saya punya motivasi untuk mendapatkan kompensasi yang sesuai





13
Saya akan berprestasi kerja apabila kompensasi tinggi





14
Dengan kompensasi tinggi saya termotivasi dan merasakan keadilan





15
Ada keinginan dan dorongan saya untuk selalu meningkatkan kompensasi





 

III. KINERJA


No
Pernyataan
Selalu
Sering
Kadang2
Jarang
Tidak Pernah
a.
Kualitas Kerja
5
4
3
2
1
1
Program  kegiatan telah dilakukan dengan penuh rasa tanggungjawab





2
Setiap pekerjaan telah mengacup ada standar pelayanan minimum





3
Selalumeningkatkanhasilkerjauntukpencapaiantujuanorganiasi





4
Program kegiatan yang telah ditetapkan dilaksanakan dengan baik





5
Secara periode dilakukan diskusi untuk menganalisa pekerjaan dalam hal penyempurnaan kualitas dan mutu pekerjaan





6
Dalam penyelesaian tugas saya tidak mengesampingkan data yang ada





b.
Kuantitas kerja





7
Kuantitas kerja yang saya dihasilkan sangat memuaskan





8
Di saat beban tugas tinggi semua staf bahu membahu menyelesaikannya





9
Dalam melaksanakan tugas saya lakukan dengan semangat dan dedikasi yang tinggi





10
Inovasi dan kreatifitas saya sangat membantu dalam menyelesaikan tugas organisasi





c.
Ketepatan waktu





11
Pelaksanaan kegiatan saya selesaikan sesuai jadwal yang telah ditetapkan





12
Pimpinan selalu menginstruksikan pada saya untuk tidak menunda pekerjaan





13
Pimpinan memberikan tugas pada saya sesuai dengan keahlian saya





14
Memiliki komitmen yang tinggi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan





15
Cepat dan tanggap terhadap tugas yang diinsrtruksikan





16
Profesionalisme sangat berdampak pada waktu pelaksanaan tugas





d.
Efektifitas





17
Dalam pelaksanaan tugas, saya tida kselalu diawasi oleh atasan





18
Saya mampu bekerjasama secara vertical maupun horizontal





19
Saya menyusun setiap jadwal kerja sesuai dengans kalap rioritas





20
Saya tidak pernah absen dan selalu enerjik dalam melaksanakan tugas






Sumber:
Tesis Muttarah, SDM, Bina Darma Palembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paradigma bahasa pemrograman

ANGKET EVALUASI TATA KELOLA TI DENGAN FRAMEWORK COBIT 5