Pengaruh Lingkungan Kerja, Budaya Organisasi dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Dosen


PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, BUDAYA ORGANISASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA DOSEN TETAP UNIVERSITAS BINA DARMA PALEMBANG

IDENTITAS
Nama :
Jenis Kelamin :
Usia :
Pendidikan Terakhir : SI/S2/S3
Status Dosen : DTY/PNSY
Masa Kerja :
Golongan/jabatan :

Indeks NILAI
1 Sangat Tidak Setuju
2 Tidak Setuju
3 Cukup Setuju
4 Setuju
5 Sangat Setuju

Berilah tanda (X) yang menurut bapak/ibu paling tepat!

I.   LINGKUNGAN KERJA


NO
PERTANYAAN
JAWABAN
    

1
2
3
4
5
1
Kondisi kebersihan kampus terjaga dengan baik





2
Kondisi kebersihan di dalam kelas terjaga dengan baik





3
Kondisi udara di kampus bersih dan tidak tercemar





4
Kondisi sanitasi di kampus bersih dan nyaman





5
Kondisi ruangan kelas sejuk dan nyaman





6
Fasilitas penunjang proses belajar mengajar tersedia dankondisinya baik





7
Fasilitas penunjang  proses belajar mengajar aman dan nyaman digunakan





8
Ruangan tempat kerja dan proses belajar tidak bising





9
Kondisi keamanan kampus terjaga dengan baik





10
Kondisi pentilasi dan penerangan cukup baik





11
Komunikasi antar dosen lancar dan terjaga





12
Komunikasi dengan pimpinan lancar dan terjaga





13
Komunikasi dengan pegawai administrasi lancar dan  terjaga





14
Hubungan emosional dosen dengan mahasiswa terjalin dengan baik





15
Jalinan kerja sama dalam proses belajar mengajar antar dosen dan  mahasiswa terjalin baik





16
Penghargaan mahasiswa terhadap dosen baik





17
Sikap teman sesama dosen membuat saya  betah di kampus





18
Teman-teman sesama dosen bersikap simpatik dan bersahabat





19
Di kampus tidak ada jarak antara dosen senior dan junior





20
Suasana kampus menjadikan saya tenang secara psikologis






II.  BUDAYA ORGANISASI


NO
PERTANYAAN
JAWABAN
    

1
2
3
4
5
1
Setiap dosen mempunyai keinginan untuk berinovasi dalam bekerja





2
Setiap dosen berani mengambil resiko untuk keberhasilan dalam pekerjaan





3
Setiap dosen bersikp kreatif dalam menyelesaikan pekerjaan





4
Dosen sangat cermat dalam menyelesaikan pekerjaan





5
Dosen menyelesaikan pekerjaan dengan rinci dan tepat





6
Dosen bekerja sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan





7
Dosen bekerja sesuai prosedur yang ditetapkan  universitas





8
Dosen bekerja melayani, mengajar dan  mendidik mahasiswa





9
Dosen berusaha memberikan hasil kerja yang baik kepada universitas dan masyarakat





10
Dosen memperhatikan keluhan-keluhan yang disampaikan mahasiswa





11
Dosen bekerjasama dengan rekan sekerja dalam menyelesaikan masalah





12
Dosen melakukan komunikasi dengan atasan, rekan sekerja dan  mahasiswa





13
Dosen berkompetisi secara sehat dalam hal pekerjaan





14
Dosen mempunyai sifat agresif dan motivasi berprestasi dalam bekerja





15
Dosen menginginkan kondisi yang stabil dalam bekerja





16
Dosen menginginkan kondisi yang kondusif dalam bekerja





17
Dosen menginginkan suasana lingkungan kerja yang nyaman dalam bekerja






III. MOTIVASI KERJA


NO
PERTANYAAN
JAWABAN
    

1
2
3
4
5
1
Saya puas karena pekerjaan saya sesuai dengan hati nurani saya





2
Saya merasa senang dengan pekerjaan saya karena banyak variasi tugas  dan tidak monoton





3
Saya berusaha melakukan tugas dan kewajiban saya dengan baik, dengan demikian hasil yang akan saya terima juga lebih baik





4
Saya bekerja dengan baik untuk  mengejar target dan  kenaikan pangkat





5
Peluang pengembangan karir lebih ditentukan berdasarkan kualitas kerja sehingga menjadikan saya lebih giat





6
Kesempatan promosi jabatan terbuka untuk semua dosen sehingga membuat saya bekerja lebih giat





7
Saya merasa puas karena memperoleh jabatan sesuai  dengan prestasi saya





8
Saya mendapat tugas dan tanggungjawab sesuai dengan bidang dan keahlian saya





9
Atasan mampu bersikap tegas dan bertindak secara tepat





10
Atasan memberi pujian atas prestasi yang saya peroleh





11
 Saya merasa puas karena atasan dan lembaga mendukung karir saya





12
Tunjangan yang saya terima setiap bulan sangat memadai





13
Gaji yang saya terima seimbang dengan beban kerja saya





14
Gaji yang saya terima cukup untuk memenuhi kebutuhan saya dan keluarga





15
Saya senang karena kerja sama terjaliln dengan baik sesama dosen





16
Suasana di kampus sangat bersahabat dan sesama dosen saling pengertian





17
Saya puas dengan dukungan yang diberikan atasan





18
Rekan kerja menganggap  saya sebagai mitra kerja yang baik






IV. KINERJA DOSEN 


NO
PERTANYAAN
JAWABAN
    

1
2
3
4
5
1
Saya melaksanakan perkuliahan dan membimbing, menguji serta menyelenggarakan  pendidikan di laboratorium praktek  keguruan, bengkel/studio/kebun percobaan/teknologi pengajaran dan praktek lapangan





2
Saya membimbing seminar mahasiswa





3
Saya membimbing Kuliah Kerja Nyata (KKN) Praktek Kerja Nyata (KKN), Praktek Kerja Lapangan (PKL)





4
Saya membimbing dan ikut membimbing dalam menghasilkan laporan akhir studi/skripsi/thesis/disertasi





5
Saya bertugas sebagai penguji pada ujian akhir





6
Saya membina kegiatan mahasiswa di bidang akademik dan kemahasiswaan





7
Saya mengembangkan program kuliah





8
Saya mengembangkan bahan pengajaran





9
Saya menyampaikan orasi ilmiah





10
Saya menduduki jabatan pimpinan perguruan tinggi





11
Saya membimbing dosen yang lebih rendah jabatan personelnya





12
Saya melaksanakan kegiatan data sering dan pencakokan dosen





13
Saya menghasilkan karya ilmiah





14
Saya menerjemahkan/menyadur buku ilmiah





15
Saya mengedit/menyunting karya ilmiah





16
Saya membuat rancangan dan karya teknologi yang dipatenkan





17
Saya menduduki jabatan pimpinan  pada lembaga pemerintah/pejabat negara yang harus dibebaskan dari jabatan organiknya





18
Saya melaksanakan pengembangan hasil pendidikan  dan  penelitian yang dapat  dimanfaatkan  oleh masyarakat





19
Saya memberikan latihan/penyuluhan/penataran/ceramah pada masyarakat





20
Saya memberi pelayanan kepada masyarakat atau kegiatan lain yang menunjang pelaksanaan tugas umum pemerintah dan pembangungan







Sumber:
Asminto, SDM, Binadarma Palembang



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paradigma bahasa pemrograman

ANGKET EVALUASI TATA KELOLA TI DENGAN FRAMEWORK COBIT 5