Pengaruh Interaksi dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika

PENGARUH INTERAKSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA  DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 PALEMBANG


IDENTITAS
Nama : ......(boleh kosongkan)
Jenis Kelamin :
Usia :

 Bobot Penilaian

1
Sangat Setuju (SS)
2
Setuju (S)
3
Ragu-ragu (RG)
4
Tidak Setuju (TS)
5
Sangat tidak Setuju (STS)

Berilah tanda (X) yang menurut bapak/ibu paling tepat!

I.  INTERAKSI INTERPERSONAL (X1)


NO
PERTANYAAN
JAWABAN


SS
S
RG
TS
STS
I
Keharmonisan komunikasi





1
Seharusnya informasi yang disampaikan dapat dipahami seluruh personal yang ada di sekolah





2
Seharusnya setiap informasi yang disampaikan di sekolah harus jelas





II
Memiliki kepercayaan





3
Seharusnya setiap informasi yang disampaikan harus konsisten





4
Seharusnya setiap informasi yang anda terima dapat dipercayai





III
Saling memahami





5
Seharusnya seluruh personal sekolah dapat saling mengerti antara satu dengan yang lainnya





6
Seharusnya setiap personal sekolah dapat mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi





IV
Keakraban





7
Seharusnya setiap personal yang ada di sekolah dapat berkomunikasi dua arah





8
Seharusnya setiap personal yang ada di sekolah dapat menghargai pendapat orang lain





V
Norma berkomunikasi





9
Seharusnya setiap personal yang ada di sekolah memahami tata cara berinteraksi antar sesama





10
Seharusnya setiap personal yang ada di sekolah memahami tata cara berbicara yang dapat diterima oleh orang lain







II. MOTIVASI BERPRESTASI (X2)


NO
PERTANYAAN
JAWABAN


SS
S
RG
TS
STS
I

Mentaati peraturan yang berlaku dalam belajar





1
Seharusnya siswa berusaha memenuhi kebutuhan dalam belajar agar terhindar dari kesulitan yang menghambat





2
Seharusnya siswa berusaha dalam belajar sampai menemukan penyelesaian masalah yang dialami hingga berhasil





3
Seharusnya siswa berusaha untuk memenuhi kewajiaban sebagai siswa





II
Mematuhi jadwal pelajaran





4
Seharusnya siswa berusaha untuk tepat waktu datang ke sekolah





5
Seharusnya siswa berusha untuk tepat waktu masuk ke kelas masing-masing





6
Seharusnya siswa berusaha untuk tidak keluar kelas selama proses pembelajaran berlangsung





III
Menyelesaikan tugas





7
Sebaiknya siswa mengatur jadwal khusus untuk menyelesaikan tugas yang diberikan  guru





8
Sebaiknya siswa dapat menyelesaikan tugas yang diberikan secara khusus atau tidak tumpang tindih





9
Sebaiknya siswa melaksanakan tugas tambahan selain dari tugas sekolah





IV
Kewajiban terhadap guru





10
Sebaiknya siswa bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan





11
Sebaiknya tugas yang diberikan diselesaikan tepat pada waktunya atau lebih baik sebelum waktunya





12
Sebaiknya siswa berusaha agar dapat menyelesaikan tugas dikerjakan sendiri





V
Menyadari tugas yang diberikan





13
Sebaiknya siswa dapat memahami jenis tugas yang diberikan





14
Sebaiknya tugas mandiri dikerjakan oleh siswa yang bersangkutan agar benar-benaar paham





15
Sebaiknya tugas perorangan tidak mencontoh pekerjaan teman






III.HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Y)


NO
PERTANYAAN
JAWABAN


SS
S
RG
TS
STS
I
Efektivitas dalam belajar





1
Seharusnya siswa berusaha dalam belajar setidak-tidaknya mentargetkan untuk mendapat peringkat tiga besar di  kelas





2
Seharusnya selaku siswa berusaha dalam belajar sampai menemukan penyelesaian masalah yang dialami hingga berhasil





3
Seharusnya siswa dapat mengatur waktu untuk mencari informasi berbagai hal agar menemukan cara belajar yang tepat





4
Seharusnya siswa dapat memanfaatkan waktu luang untuk menambah aktivitas belajar agar memperoleh hasil belajar yang lebih bailk





II
Disiplin dalam belajar





5
Seharusnya siswa dapat melaksanakan kegiatan belajar sesuai dengan jadwal yang dibuat





6
Seharusnya siswa dapat membuat pembagian waktu untuk belajar dari  masing-masing mata pelajaran





7
Seharusnya siswa dapat mentaati waktu yang telah ditentukan dalam belajar





8
Seharusnya siswa dapat disiplin dengan waktu untuk belajar





III
Metode dalam belajar





9
Sebaiknya siswa belajar sendiri di rumah bila menemukan kesulitan baru bertanya dengan guru





10
Sebaiknya siswa membuat kelompok belajar atau belajar kelompok dengan teman sekelas





11
Sebaiknya siswa mengikuti pelajaran tambahan di sekolah





12
Sebaiknya siswa mengikuti pelajaran tambahan di luar sekolah





IV
Kemampuan bekerjasama





13
Sebaiknya siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru dikerjakan secara bersama





14
Sebaiknya siswa yang lebih paham dapat membantu siswa lain yang belum paham





15
Sebaiknya siswa tidak perlu bekerjasama dalam belajar






SUMBER:
Clementina Sidabutar, Manajemen Pendidikan, Binadarma, Palembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paradigma bahasa pemrograman

ANGKET EVALUASI TATA KELOLA TI DENGAN FRAMEWORK COBIT 5