Pengaruh Interaksi dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Matematika
PENGARUH INTERAKSI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 11 PALEMBANG
IDENTITAS | |
Nama | : ......(boleh kosongkan) |
Jenis Kelamin | : |
Usia | : |
Bobot Penilaian
1
|
Sangat Setuju (SS)
|
2
|
Setuju (S)
|
3
|
Ragu-ragu (RG)
|
4
|
Tidak Setuju (TS)
|
5
|
Sangat tidak Setuju (STS)
|
Berilah tanda (X) yang menurut bapak/ibu paling tepat!
I. INTERAKSI INTERPERSONAL (X1)
NO
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
||||
SS
|
S
|
RG
|
TS
|
STS
|
||
I
|
Keharmonisan komunikasi
|
|||||
1
|
Seharusnya informasi yang disampaikan
dapat dipahami seluruh personal yang ada di sekolah
|
|||||
2
|
Seharusnya setiap informasi yang
disampaikan di sekolah harus jelas
|
|||||
II
|
Memiliki kepercayaan
|
|||||
3
|
Seharusnya setiap informasi yang
disampaikan harus konsisten
|
|||||
4
|
Seharusnya setiap informasi yang anda
terima dapat dipercayai
|
|||||
III
|
Saling memahami
|
|||||
5
|
Seharusnya seluruh personal sekolah
dapat saling mengerti antara satu dengan yang lainnya
|
|||||
6
|
Seharusnya setiap personal sekolah dapat
mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi
|
|||||
IV
|
Keakraban
|
|||||
7
|
Seharusnya setiap personal yang ada di
sekolah dapat berkomunikasi dua arah
|
|||||
8
|
Seharusnya setiap personal yang ada di
sekolah dapat menghargai pendapat orang lain
|
|||||
V
|
Norma berkomunikasi
|
|||||
9
|
Seharusnya setiap personal yang ada di
sekolah memahami tata cara berinteraksi antar sesama
|
|||||
10
|
Seharusnya setiap personal yang ada di
sekolah memahami tata cara berbicara yang dapat diterima oleh orang lain
|
II. MOTIVASI BERPRESTASI (X2)
NO
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
||||
SS
|
S
|
RG
|
TS
|
STS
|
||
I
|
Mentaati peraturan yang berlaku dalam
belajar
|
|||||
1
|
Seharusnya siswa berusaha memenuhi
kebutuhan dalam belajar agar terhindar dari kesulitan yang menghambat
|
|||||
2
|
Seharusnya siswa berusaha dalam belajar
sampai menemukan penyelesaian masalah yang dialami hingga berhasil
|
|||||
3
|
Seharusnya siswa berusaha untuk memenuhi
kewajiaban sebagai siswa
|
|||||
II
|
Mematuhi jadwal pelajaran
|
|||||
4
|
Seharusnya siswa berusaha untuk tepat
waktu datang ke sekolah
|
|||||
5
|
Seharusnya siswa berusha untuk tepat
waktu masuk ke kelas masing-masing
|
|||||
6
|
Seharusnya siswa berusaha untuk tidak
keluar kelas selama proses pembelajaran berlangsung
|
|||||
III
|
Menyelesaikan tugas
|
|||||
7
|
Sebaiknya siswa mengatur jadwal khusus
untuk menyelesaikan tugas yang diberikan
guru
|
|||||
8
|
Sebaiknya siswa dapat menyelesaikan
tugas yang diberikan secara khusus atau tidak tumpang tindih
|
|||||
9
|
Sebaiknya siswa melaksanakan tugas
tambahan selain dari tugas sekolah
|
|||||
IV
|
Kewajiban terhadap guru
|
|||||
10
|
Sebaiknya siswa bertanggung jawab atas
pekerjaan yang diberikan
|
|||||
11
|
Sebaiknya tugas yang diberikan
diselesaikan tepat pada waktunya atau lebih baik sebelum waktunya
|
|||||
12
|
Sebaiknya siswa berusaha agar dapat
menyelesaikan tugas dikerjakan sendiri
|
|||||
V
|
Menyadari tugas yang diberikan
|
|||||
13
|
Sebaiknya siswa dapat memahami jenis
tugas yang diberikan
|
|||||
14
|
Sebaiknya tugas mandiri dikerjakan oleh
siswa yang bersangkutan agar benar-benaar paham
|
|||||
15
|
Sebaiknya tugas perorangan tidak
mencontoh pekerjaan teman
|
III.HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Y)
NO
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
||||
SS
|
S
|
RG
|
TS
|
STS
|
||
I
|
Efektivitas dalam belajar
|
|||||
1
|
Seharusnya siswa berusaha dalam belajar
setidak-tidaknya mentargetkan untuk mendapat peringkat tiga besar di kelas
|
|||||
2
|
Seharusnya selaku siswa berusaha dalam
belajar sampai menemukan penyelesaian masalah yang dialami hingga berhasil
|
|||||
3
|
Seharusnya siswa dapat mengatur waktu
untuk mencari informasi berbagai hal agar menemukan cara belajar yang tepat
|
|||||
4
|
Seharusnya siswa dapat memanfaatkan
waktu luang untuk menambah aktivitas belajar agar memperoleh hasil belajar
yang lebih bailk
|
|||||
II
|
Disiplin dalam belajar
|
|||||
5
|
Seharusnya siswa dapat melaksanakan
kegiatan belajar sesuai dengan jadwal yang dibuat
|
|||||
6
|
Seharusnya siswa dapat membuat pembagian
waktu untuk belajar dari masing-masing
mata pelajaran
|
|||||
7
|
Seharusnya siswa dapat mentaati waktu
yang telah ditentukan dalam belajar
|
|||||
8
|
Seharusnya siswa dapat disiplin dengan
waktu untuk belajar
|
|||||
III
|
Metode dalam belajar
|
|||||
9
|
Sebaiknya siswa belajar sendiri di rumah
bila menemukan kesulitan baru bertanya dengan guru
|
|||||
10
|
Sebaiknya siswa membuat kelompok belajar
atau belajar kelompok dengan teman sekelas
|
|||||
11
|
Sebaiknya siswa mengikuti pelajaran
tambahan di sekolah
|
|||||
12
|
Sebaiknya siswa mengikuti pelajaran
tambahan di luar sekolah
|
|||||
IV
|
Kemampuan bekerjasama
|
|||||
13
|
Sebaiknya siswa dalam menyelesaikan
tugas yang diberikan guru dikerjakan secara bersama
|
|||||
14
|
Sebaiknya siswa yang lebih paham dapat
membantu siswa lain yang belum paham
|
|||||
15
|
Sebaiknya siswa tidak perlu bekerjasama
dalam belajar
|
SUMBER:
Clementina Sidabutar, Manajemen Pendidikan, Binadarma, Palembang
Komentar
Posting Komentar