Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 15 PALEMBANG
IDENTITAS
|
|
Nama
|
: ......(boleh kosongkan)
|
Jenis Kelamin
|
:
|
Usia
|
:
|
Pendidikan Terakhir
|
: SI/S2/S3
|
Bobot Penilaian
Indeks
|
NILAI
|
1
|
Sangat tidak puas (STP)
|
2
|
Tidak puas (TP)
|
3
|
Cukup (C)
|
4
|
Puas (P)
|
5
|
Sangat Puas (SP)
|
VARIABEL KEPUASAN KERJA
Dimensi
|
NO
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Selain gaji yang diterima setiap bulan
saya dibayar upah/insentif didasarkan pada tuntutan pekerjaan dengan jumlah
yang memadai
|
||||||
2
|
Selain gaji yang diterima setiap bulan
saya dibayar upah/insentif didasarkan
pada tingkat keterampilan individu
|
||||||
Pembayaran
|
3
|
Selain gaji yang diterima setiap bulan
saya dibayar upah/insentif didasarkan pada standar pengupahan komunitas
|
|||||
4
|
Selain gaji yang diterima setiap bulan
saya dibayar upah/insentif oleh atasan didasarkan pemerataan komunitas
|
||||||
5
|
Saya diberi kesempatan untuk melakukan pekerjaan yang
berbeda setiap semester/tahun ajaran baru agar dapat menambah keterampilan
saya
|
||||||
Pekerjaan
|
6
|
Atasan selalu memberikan umpan baik
terhadap hasil pekerjaan saya berupa pujian
|
|||||
7
|
Saya mendapatkan fasilitas yang
mendukung pekerjaan saya (misalnya: buku teks, pena, laptop dll)
|
||||||
8
|
Saya bekerja dengan jadwal yang telah
ditentukan tanpa konfirmasi dengan saya
|
||||||
9
|
Tempat saya bekerja nyaman
|
||||||
10
|
Atasan memberikan pembagian pekerjaan
selalu berubah dan meningkatkan setiap tahun
|
||||||
Promosi
|
11
|
Atasan memberikan kesempatan saya untuk
promosi jabatan misalnya wakil kepala sekolah, dll
|
|||||
12
|
Atasan memberikan kesempatan promosi
jabatan kepada saya karena prestasi dan kemampuan saya
|
||||||
13
|
Atasan memberikan kesempatan mengikuti
pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan karir jabatan
|
||||||
14
|
Saling menasihati dan bekerja sama antar
rekan kerja di sekolah
|
||||||
Rekan kerja
|
15
|
Rekan kerja mendukung tugas-tugas saya
|
|||||
16
|
Kepala sekolah selalu menyapa bawahan
dan bersikap ramah setiap bertemu
|
||||||
17
|
Kepala sekolah menjaga jarak dengan guru
|
||||||
18
|
Rekan kerja siap membantu kalau saya
mendapatkan kesulitan
|
||||||
19
|
Keberhasilan anda dalam mengajar salah
satunya karena hasil supervisi kepala sekolah
|
||||||
20
|
Kepala sekolah membimbing dalam
pembuatan RPP
|
||||||
21
|
Kepala sekolah membimbing dalam
pembuatan media pengajaran
|
||||||
Kepenyeliaan/
|
22
|
Kunjungan kelas kepala sekolah dapat membantu memperbaiki
cara mengajar saya
|
|||||
Supervisi
|
23
|
Kepala sekolah mempunyai catatan
supervisi tentang saya dan dikomunikasikan dengan saya
|
|||||
24
|
Waktu pelaksanaan supervisi sudah tepat
|
||||||
25
|
Supervisi kelas dilakukan kepala sekolah
untuk mencari kekurangan/kelemahan guru
|
Indeks
|
NILAI
|
1
|
Sangat tidak setuju
|
2
|
Tidak setuju
|
3
|
Cukup/netral
|
4
|
Setuju
|
5
|
Sangat setuju
|
VARIABEL KINERJA
Dimensi
|
NO
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Saya mempersiapkan diri sebelum
melaksanakan kegiatan mengajar di kelas
|
||||||
2
|
Sebelum mengajar siswa membuat rencana
pengajaran
|
||||||
Perencanaan
|
3
|
Saya membuat dan mengumpulkan perangkat
pengajaran tepat waktu
|
|||||
program
|
4
|
Saya mempersiapkan kelas supaya siap
belajar
|
|||||
pembelajaran
|
5
|
Saya menyesuaikan program pengajaran dengan situasi kelas
|
|||||
6
|
Saya menggunakan cara-cara berkomunikasi
antar pribadi dengan siswa
|
||||||
7
|
Saya memotivasi siswa agar giat belajar
|
||||||
Pelaksanaan
|
8
|
Saya bersama siswa menyimpulkan materi
pelajaran pada akhir pelajaran
|
|||||
Proses
|
9
|
Saya mengembangkan media pembelajaran
sendiri
|
|||||
Pembelajarn
|
10
|
Saya menggunakan bahan-bahan yang
tersedia di lingkungan sekitar untuk membuat alat bantu pengajaran
|
|||||
11
|
Saya menggunakan media pembelajaran yang
tersedia di sekolah
|
||||||
12
|
Saya memanfaatkan laboratorium dalam
rangka proses belajar mengajar
|
||||||
13
|
Saya menggunakan perpustakaan dalam
proses belajar mengajar
|
||||||
14
|
Saya memberikan latihan-latihan lanjutan
pada siswa
|
||||||
15
|
Saya melakukan penilaian prestasi siswa
untuk kepentingan pengajaran
|
||||||
16
|
Saya memeriksa alat evaluasi sendiri
untuk ulangan harian
|
||||||
Evaluasi hasil pembelajaran
|
17
|
Saya memeriksa hasil ulangan / pekerjaan
rumah siswa
|
|||||
18
|
Saya berusaha mengenal kemampuan anak
didik saya
|
||||||
19
|
Saya mampu mendiagnosa kesulitan belajar
siswa saya
|
||||||
20
|
Saya memberikan pengayaan kepada siswa
yang berprestasi pada ulangan
|
||||||
21
|
Saya memberikan program remedial kepada
siswa yang mengalami kesulitan belajar
|
Indeks
|
NILAI
|
1
|
Sangat tidak setuju
|
2
|
Tidak setuju
|
3
|
Cukup/netral
|
4
|
Setuju
|
5
|
Sangat setuju
|
VARIABEL GAYA KEPEMIMPINAN
Dimensi
|
NO
|
Pernyataan
|
Jawaban
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Kepala sekolah saya daalm mengambil
keputusan/kebijaksanaan ditetapkan sendiri tanpa mengikutsertakan saran ide
dan pertimbangan bawahan
|
||||||
2
|
Saya sebagai bawahan melaksanakan semua
keputusan/kebijaksanaan yang telah ditetapkan
|
||||||
Gaya Otoriter
|
3
|
Alasan saya
memberikan instruksi/perintah/ancaman/pengawasan
|
|||||
4
|
Kepala sekolah/atasan saya fokus
menngkatkan kerja tapi kurang memperhatikan perasaan dan kesejahteraan
bawahan
|
||||||
5
|
Sistem manajemen di sekolah saya
tertutup, tidak menginformasikan keadaan sekolah kepada bawahan
|
||||||
6
|
Pengkakaderan kurang mendapat perhatian
dari kepala sekolah
|
||||||
Gaya Partisipatif
|
7
|
Dalam pengambilan keputusan dilakukan
pimpinan atau kepala sekolah saya dengan mempertimbangkan saran, ide yang
diberikan bawahan
|
|||||
8
|
Saya sebagai bawahan harus
berpartisipasi memberikan saran, ide, dan pertimbangan-pertimbangan dalam
pengambilan keputusan
|
||||||
9
|
Atasan atau kepala sekolah saya membina
bawahan untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar
|
||||||
10
|
Kepemimpinan di sekolah dilakukan dengan
cara persuasif, menciptakan kerjasama yang serasi, menumbuhkan loyalitas, dan
partisipasi bawahan
|
||||||
11
|
Sistem
manajemen di sekolah saya terbuka
|
||||||
12
|
Saya sebagai bawahan dapat mengambil
keputusan dan kebijaksanaan dengan bebas atau leluasa dalam melaksanakan
pekerjaan/pemimpin mendelegasikan wewenang kepada bawahan
|
||||||
Gaya Delegatif
|
13
|
Pemimpin atau kepala sekolah tidak
peduli dengan cara bawahan mengambil keputusan dan mengerjakan pekerjaannya,
yang penting pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik
|
|||||
14
|
Pimpinan atau kepala sekolah tidak
membuat peraturan-peraturan tentang pelaksanaan pekerjaan
|
||||||
15
|
Kepala sekolah sedikit kontak dengan
bawahan
|
||||||
16
|
Saya sebagai bawahan dituntut memiliki
kemampuan melakukan sesuatu yang berdasarkan pengetahuan dan keterampilan
serta kemauan untuk melakukan sesuatu dengan rasa yakin dan keterikatan
|
Sumber :
Yulinda, Manajemen Pendidikan, Binadarma, Palembang
Komentar
Posting Komentar