Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KEPUASAN KERJA DAN KINERJA GURU PADA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 15 PALEMBANG



IDENTITAS

Nama
: ......(boleh kosongkan)
Jenis Kelamin
:
Usia
:
Pendidikan Terakhir
: SI/S2/S3

 Bobot Penilaian

Indeks
NILAI
1

Sangat tidak puas (STP)
2
Tidak puas (TP)
3
Cukup (C)
4
Puas (P)
5
Sangat Puas (SP)

VARIABEL KEPUASAN KERJA


Dimensi
NO
Pernyataan
Jawaban



1
2
3
4
5

1
Selain gaji yang diterima setiap bulan saya dibayar upah/insentif didasarkan pada tuntutan pekerjaan dengan jumlah yang memadai






2
Selain gaji yang diterima setiap bulan saya dibayar upah/insentif  didasarkan pada tingkat keterampilan individu





Pembayaran
3
Selain gaji yang diterima setiap bulan saya dibayar upah/insentif didasarkan pada standar pengupahan komunitas






4
Selain gaji yang diterima setiap bulan saya dibayar upah/insentif oleh atasan didasarkan pemerataan komunitas






5
Saya diberi  kesempatan untuk melakukan pekerjaan yang berbeda setiap semester/tahun ajaran baru agar dapat menambah keterampilan saya





Pekerjaan
6
Atasan selalu memberikan umpan baik terhadap hasil pekerjaan saya berupa pujian






7
Saya mendapatkan fasilitas yang mendukung pekerjaan saya (misalnya: buku teks, pena, laptop dll)






8
Saya bekerja dengan jadwal yang telah ditentukan tanpa konfirmasi dengan saya






9
Tempat saya bekerja nyaman






10
Atasan memberikan pembagian pekerjaan selalu berubah dan meningkatkan setiap tahun





Promosi
11
Atasan memberikan kesempatan saya untuk promosi jabatan misalnya wakil kepala sekolah, dll






12
Atasan memberikan kesempatan promosi jabatan kepada saya karena prestasi dan kemampuan saya






13
Atasan memberikan kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk pengembangan karir jabatan






14
Saling menasihati dan bekerja sama antar rekan kerja di sekolah





Rekan kerja
15
Rekan kerja mendukung tugas-tugas saya






16
Kepala sekolah selalu menyapa bawahan dan bersikap  ramah setiap bertemu






17
Kepala sekolah menjaga jarak dengan guru






18
Rekan kerja siap membantu kalau saya mendapatkan kesulitan






19
Keberhasilan anda dalam mengajar salah satunya karena hasil supervisi kepala sekolah






20
Kepala sekolah membimbing dalam pembuatan RPP






21
Kepala sekolah membimbing dalam pembuatan media pengajaran





Kepenyeliaan/
22
Kunjungan kelas  kepala sekolah dapat membantu memperbaiki cara mengajar saya





Supervisi
23
Kepala sekolah mempunyai catatan supervisi tentang saya dan dikomunikasikan dengan saya






24
Waktu pelaksanaan supervisi sudah tepat






25
Supervisi kelas dilakukan kepala sekolah untuk mencari kekurangan/kelemahan guru








Indeks
NILAI
1

Sangat tidak setuju
2
Tidak setuju
3
Cukup/netral
4
Setuju
5
Sangat setuju

 VARIABEL KINERJA 


Dimensi
NO
Pernyataan
Jawaban



1
2
3
4
5

1
Saya mempersiapkan diri sebelum melaksanakan kegiatan mengajar di kelas






2
Sebelum mengajar siswa membuat rencana pengajaran





Perencanaan
3
Saya membuat dan mengumpulkan perangkat pengajaran tepat waktu





program
4
Saya mempersiapkan kelas supaya siap belajar





pembelajaran
5
Saya menyesuaikan  program pengajaran dengan situasi kelas






6
Saya menggunakan cara-cara berkomunikasi antar pribadi dengan siswa






7
Saya memotivasi siswa agar giat belajar





Pelaksanaan
8
Saya bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran pada akhir pelajaran





Proses
9
Saya mengembangkan media pembelajaran sendiri





Pembelajarn
10
Saya menggunakan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan sekitar untuk membuat alat bantu pengajaran






11
Saya menggunakan media pembelajaran yang tersedia di sekolah






12
Saya memanfaatkan laboratorium dalam rangka proses belajar mengajar






13
Saya menggunakan perpustakaan dalam proses belajar mengajar






14
Saya memberikan latihan-latihan lanjutan pada siswa






15
Saya melakukan penilaian prestasi siswa untuk kepentingan pengajaran






16
Saya memeriksa alat evaluasi sendiri untuk ulangan harian





Evaluasi hasil pembelajaran
17
Saya memeriksa hasil ulangan / pekerjaan rumah siswa






18
Saya berusaha mengenal kemampuan anak didik saya






19
Saya mampu mendiagnosa kesulitan belajar siswa saya






20
Saya memberikan pengayaan kepada siswa yang berprestasi pada ulangan






21
Saya memberikan program remedial kepada siswa yang mengalami kesulitan belajar







Indeks
NILAI
1

Sangat tidak setuju
2
Tidak setuju
3
Cukup/netral
4
Setuju
5
Sangat setuju

VARIABEL GAYA KEPEMIMPINAN


Dimensi
NO
Pernyataan
Jawaban



1
2
3
4
5

1
Kepala sekolah saya daalm mengambil keputusan/kebijaksanaan ditetapkan sendiri tanpa mengikutsertakan saran ide dan pertimbangan bawahan






2
Saya sebagai bawahan melaksanakan semua keputusan/kebijaksanaan yang telah ditetapkan





Gaya Otoriter
3
Alasan saya memberikan instruksi/perintah/ancaman/pengawasan






4
Kepala sekolah/atasan saya fokus menngkatkan kerja tapi kurang memperhatikan perasaan dan kesejahteraan bawahan






5
Sistem manajemen di sekolah saya tertutup, tidak menginformasikan keadaan sekolah kepada bawahan






6
Pengkakaderan kurang mendapat perhatian dari kepala sekolah





Gaya Partisipatif
7
Dalam pengambilan keputusan dilakukan pimpinan atau kepala sekolah saya dengan mempertimbangkan saran, ide yang diberikan bawahan






8
Saya sebagai bawahan harus berpartisipasi memberikan saran, ide, dan pertimbangan-pertimbangan dalam pengambilan keputusan






9
Atasan atau kepala sekolah saya membina bawahan untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar






10
Kepemimpinan di sekolah dilakukan dengan cara persuasif, menciptakan kerjasama yang serasi, menumbuhkan loyalitas, dan partisipasi bawahan






11
Sistem  manajemen di sekolah saya terbuka






12
Saya sebagai bawahan dapat mengambil keputusan dan kebijaksanaan dengan bebas atau leluasa dalam melaksanakan pekerjaan/pemimpin mendelegasikan wewenang kepada bawahan





Gaya Delegatif
13
Pemimpin atau kepala sekolah tidak peduli dengan cara bawahan mengambil keputusan dan mengerjakan pekerjaannya, yang penting pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik






14
Pimpinan atau kepala sekolah tidak membuat peraturan-peraturan tentang pelaksanaan pekerjaan






15
Kepala sekolah sedikit kontak dengan bawahan






16
Saya sebagai bawahan dituntut memiliki kemampuan melakukan sesuatu yang berdasarkan pengetahuan dan keterampilan serta kemauan untuk melakukan sesuatu dengan rasa yakin dan keterikatan






Sumber :
Yulinda,  Manajemen Pendidikan, Binadarma, Palembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paradigma bahasa pemrograman

ANGKET EVALUASI TATA KELOLA TI DENGAN FRAMEWORK COBIT 5