Penerapan Sistem Informasi Menggunakan Metode Human Organization technology
PENERAPAN SISTEM INFORMASI PADA DINAS PENDIDIKAN MENGGUNAKAN METODE HUMAN ORGANIZATION TECHNOLOGY - BENEFIT
DATA RESPONDEN
|
|
Nomor Responden
|
.................................(diisi
dengan lengkap)
|
Nama
|
.................................(boleh
tidak diisi)
|
Umur
|
.................................(tahun)
|
Jenis Kelamin
|
1.
Laki-laki 2. Perempuan
|
Kategori Pengguna
|
1. Operator Sekolah Kejuruan (SMK)
2. Operator Dinas Pendidikan
Provinsi Sumatera
Selatan
|
Pilihlah salah satu jawabah dengan memberi tanda centang (√) pada kolom yang disediakan!
5. Sangat Setuju, 4. Setuju, 3. Netral 2. Tidak Setuju, 1. Sangat Tidak Setuju
No
|
Keterangan
|
SS
|
S
|
N
|
TS
|
ST
|
A. Pengguna Sistem (PS)
|
|
|
|
|
|
|
PS1
|
Pengguna selalu menggunakan sistem
informasi aplikasi data pokok pendidikan menengah (Dapodikmen)
|
|
|
|
|
|
PS2
|
Menurut saya, saya sangat
tergantung pada sistem informasi Dapodikmen
|
|
|
|
|
|
PS3
|
Menurut saya, saya percaya sistem
informasi Dapodikmen mempermudah pekerjaan
|
|
|
|
|
|
PS4
|
Menurut saya, saya merasa sangat
puas dengan adanya aplikasi data pokok pendidikan menengah (Dapodikmen),
karena dapat membantu saya dalam pengentryan data sekolah.
|
|
|
|
|
|
B. Kepuasan
Pengguna (KP)
|
|
|
|
|
|
|
KP1
|
Menurut saya, sistem informasi
Dapodikmen membantu dalam mengolah informasi
|
|
|
|
|
|
KP2
|
Menurut saya, sistem informasi
Dapodikmen memuaskan
|
|
|
|
|
|
C. Organisasi (ORG)
|
|
|
|
|
|
|
ORG1
|
Menurut saya, organisasi
mempertimbangkan latar belakang pendidikan calon pengelola pada sistem
informasi Dapodikmen
|
|
|
|
|
|
ORG2
|
Menurut saya, SMK se-Sumatera
Selatan dapat mengelola layanan informasi aplikasi data pokok pendidikan
menengah (Dapodikmen) pada provinsi Sumatera Selatan dengan baik dan
terencana.
|
|
|
|
|
|
ORG3
|
Pelayanan yang ada pada sistem aplikasi data pokok
pendidikan menengah (Dapodikmen) provinsi Sumatera Selatan hanya diberikan
kepada SMK se-Sumatera Selatan
|
|
|
|
|
|
ORG4
|
Menurut saya, saya merasa sangat
puas dengan adanya aplikasi data pokok pendidikan menengah (Dapodikmen),
karena dapat membantu saya dalam pengentryan data sekolah.
|
|
|
|
|
|
ORG5
|
Menurut saya, organisasi memiliki
komunikasi yang baik dengan para pengelola sistem informasi Dapodikmen
|
|
|
|
|
|
ORG6
|
Dinas Pendidikan menjalin jaringan
komunikasi yang baik dengan Dinas Pendidikan Kab/Kota dan SMK se-Sumatera
Selatan terkait dengan sistem informasi, dan sharing informasi (saling
berbagi informasi)
|
|
|
|
|
|
ORG7
|
Menurut saya, organisasi telah
memberikan kompensasi sesuai dengan peraturan pemerintah yang ada
|
|
|
|
|
|
ORG8
|
Menurut saya, organisasi telah
menjalankan sesuai prosedur yang telah dibuat oleh pemerintah
|
|
|
|
|
|
ORG9
|
Menurut saya, organisasi mampu
mengatasi konflik antar pengelola sistem informasi Dapodikmen
|
|
|
|
|
|
ORG10
|
Dalam memberikan pembinaan, Dinas
Pendidikan juga dapat menerima kritikan maupun masukan dari SMK se-Sumatera Selatan
tentang kinerja sistem informasi yang digunakan
|
|
|
|
|
|
D. Kualitas
Sistem (KS)
|
|
|
|
|
|
|
KS1
|
Menurut saya, dalam mengoperasikan
sistem informasi Dapodikmen sangat mudah digunakan
|
|
|
|
|
|
KS2
|
Menurut saya, sistem informasi
Dapodikmen mudah dipelajari
|
|
|
|
|
|
KS3
|
Menurut saya, saya puas dengan
hasil penelusuran informasi pada sistem informasi data pokok pendidikan
menengah (Dapodikmen) karena respon yang cepat
|
|
|
|
|
|
KS4
|
Menurut saya, saya merasa sangat
puas karena sistem informasi Dapodikmen memiliki fasilitas petunjuk
penggunaan.
|
|
|
|
|
|
KS5
|
Menurut saya, saya puas karena di sistem informasi
Dapodikmen telah ketersedianya fasilitas-fasiltas bagi pengguna
|
|
|
|
|
|
KS6
|
Menurut saya, sistem informasi
data pokok pendidikan menengah (Dapodikmen) sudah sangat handal, cepat dan
nyaman
|
|
|
|
|
|
KS7
|
Menurut saya, sistem informasi
data pokok pendidikan menengah (Dapodikmen) sudah memiliki kelengkapan yang
baik
|
|
|
|
|
|
KS8
|
Menurut saya, sistem informasi
data pokok pendidikan menengah (Dapodikmen) keamanan data yang ada telah terjamin.
|
|
|
|
|
|
E. Kualitas
Informasi (KI)
|
|
|
|
|
|
|
Ki1
|
Menurut saya, sistem informasi
Dapodikmen menghasilkan informasi yang lengkap
|
|
|
|
|
|
KI2
|
Menurut saya, sistem informasi
Dapodikmen menghasilkan informasi yang akurat
|
|
|
|
|
|
KI3
|
Menurut saya, sistem informasi
Dapodikmen menghasilkan informasi yang mudah dipahami
|
|
|
|
|
|
KI4
|
Menurut saya, sistem informasi
Dapodikmen menghasilkan informasi yang tepat waktu
|
|
|
|
|
|
KI5
|
Menurut saya, sistem informasi
Dapodikmen menghasilkan informasi yang lengkap
|
|
|
|
|
|
KI6
|
Menurut saya, sistem informasi
yang ada pada sistem aplikasi data pokok pendidikan menengah (Dapodikmen)
sudah relevan dengan kebutuhan SMK se-Kota Palembang
|
|
|
|
|
|
KI7
|
Menurut saya, sistem informasi
Dapodikmen menghasilkan informasi yang konsisten
|
|
|
|
|
|
KI8
|
Saya merasa puas dengan keandalan
sistem aplikasi data pokok pendidikan menengah (Dapodikmen)
|
|
|
|
|
|
F. Kualitas Layanan (KL)
|
|
|
|
|
|
|
KL1
|
Saya merasa puas dengan vendor
karena tanggap dan cepat dalam merespon keluhan pengguna
|
|
|
|
|
|
KL2
|
Menurut saya, vendor memberikan
jaminan kualitas dan layanan terhadap pengguna sesuai dengan janjinya
|
|
|
|
|
|
KL3
|
Menurut saya, vendor memiliki
sikap peduli (empati) ketika membantu saya
|
|
|
|
|
|
G. Manfaat Sistem (MS)
|
|
|
|
|
|
|
MS1
|
Sistem informasi sangat
mempermudah proses yang berhubungan dengan Dapodikmen
|
|
|
|
|
|
MS2
|
Sistem informasi Dapodikmen
membantu menjadi lebih efisien
|
|
|
|
|
|
MS3
|
Sistem informasi Dapodikmen
membantu menjadi lebih efektif
|
|
|
|
|
|
MS4
|
Sistem informasi Dapodikmen mempermudahkan
dalam mengambil keputusan
|
|
|
|
|
|
MS5
|
Sistem informasi Dapodikmen dapat
menurunkan tingkat kesalahan
|
|
|
|
|
|
Sumber:
Tesis, Utami Mizan Putri , Software Engineering, Binadarma, Palembang
Komentar
Posting Komentar