Angket Kelengkapan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar

PENGARUH KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 PRABUMULIH

A.Petunjuk Pengisian Angket

  1. Bacalah basmalah terlebih dahulu
  2. Isilah koesioner ini dengan membubuhkan tanda cek list (√) pada salah satu kotak jawaban yang tersedia
  3. Tulislah nama lengkap pada tempat yang disediakan
  4. Bacalah secara cermt terlebih dahulu setiap pertanyaan sebelum anda menjawabnya
  5. Setelah kuesioner ini diisi secara lengkap, mohon segera diserahkan kembali


B. Identitas Responden:
1.No. Kode Responden :
2.Jenis Kelamin : 1. Laki-laki 2. Perempuan
3. Kelas : 1. IX.1 2. IX.2 3. IX3
4. Usia : 1. <14 tahun
          2. 14 tahun
          3. 15 tahun
          4. > 15 tahun
5. Pekerjaan Orang Tua
1. Tani
2. PNS/POLRI
3. Swasta
4. Lain-lain

C. Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang dianggap paling sesuai dengan pendapat  Anda!    

Tabel Bobot menurut Skala Likert


Bobot
Pilihan
Keterangan
1
STS
Sangat Tidak Lengkap
2
TS
Tidak lengkap
3
CL
Cukup lengkap
4
S
lengkap
5
SS
Sangat lengkap

I. VARIABEL KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR


NO
PERNYATAAN
ALTERNATIF JAWABAN
PERNYATAAN
STL
TL
CL
L
SL
I.          ORANG SEBAGAI PENYAMPAI PESAN





1
Kehadiran guru mata pelajaran IPS di sekolah





2
Buku paket pelajaran IPS tersedia di sekolah





3
Buku paket  paket pelajaran IPS yang saya miliki





4
Buku-buku penunjang selain buku paket tersedia di sekolah





5
Buku-buku penunjang IPS yang saya miliki





6
Lembar Kerja Siswa (LKS) di sekolah





II.         PERPUSTAKAAN





7
Informasi tentang materi pelajaran yang saya dapat di perpustakaan





8
Fasilitas seperti meja kursi, dan koleksi buku-buku di perpustakaan





9
Fasilitas seperti meja kursi, dan koleksi buku-buku di perpustakaan






Pemanfaatan perpustakaan sebagai tempat belajar





III.       ALAT





10
Alat peraga/media belajar IPS (seperti: globe, peta, atlas, gambar, infocus, computer, radio dll) tersedia di sekolah





11
Pengguaan alat peraga/media belajar dalam pelajaran IPS





12
Alat-alat tulis (seperti papan tulis, spidol, kapur dll) tersedia di sekolah





13
Alat-alat tulis yang saya miliki





IV.       LINGKUNGAN





14
Ruang kelas luas dan bersih





15
Keamanan dan ketenangan di sekolah





16
Keamanan dan ketenangan di rumah






II. VARIABEL KEMANDIRIAN MAHASISWA



Jawaban
No
Pertanyaan
STL
TL
CL
L
SL


1
2
3
4
5
A

BEBAS (TIDAK TERGANTUNG PADA ORANG LAIN)





1
Saya belajar karena keinginan sendiri bukan karena diperintah orang tua





2
Walaupun guru berhalangan hadir, saya tetap belajar





B
PROGRESIF DAN ULET





3
 Saya tekun belajar agar memperoleh prestasi tinggi





4
saya belajar sesuai dengan jadwal yang saya buat sendiri





5
Saya berusaha untuk mendapatkan nilai yang baik dalam setiap tugas





C
INISIATIF





6
Sebelum sekolah, saya menyiapkan sendiri buku-buku, alat tulis dan peralatan lain yang saya butuhkan





7
Saya berusaha mencari sendiri buku-buku pelajaran selain yang disediakan sekolah





8
Setelah pulang sekolah saya mengulangi lagi materi pelajaran yang telah dibahas





9
Jika ada waktu luang saya gunakan untuk membaca atau belajar kelompok





D
PENGENDALIAN DIRI DARI DALAM





10
Jika ada materi pelajaran yang saya belum paham, saya berusaha untuk memecahkan sendiri terlebih dulu, apabila tidak tahu maka saya akan bertanya pada guru ataupun berdiskusi dengan teman





11
Jika materi pelajaran belum saya pahami saya berusaha mencari buku-buku diperpustakaan untuk membantu memahami





12
Apabila ada tugas atau pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru maka saya akan segera mengerjakannya





13
Saya mengumpulkan pekerjaan rumah (PR) atau tugas yang diberikan guru tepat waktu





14
Saya lebih senang membuat sendiri ringkasan materi pelajaran daripada menyalin catatan teman





E
KEMANTAPAN DIRI





15
Saya percaya pada kemampuan saya sendiri bahwa saya akan berhasil dalam belajar





16
Saya puas dengan usaha yang telah saya lakukan untuk meningkatkan hasil belajar saya





Sumber:
ENI GUSTINI , TESIS, Manajemen Pendidikan  Binadarma, Palembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paradigma bahasa pemrograman

ANGKET EVALUASI TATA KELOLA TI DENGAN FRAMEWORK COBIT 5