Angket Kelengkapan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar
PENGARUH KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 16 PRABUMULIH
A.Petunjuk Pengisian Angket
- Bacalah basmalah terlebih dahulu
- Isilah koesioner ini dengan membubuhkan tanda cek list (√) pada salah satu kotak jawaban yang tersedia
- Tulislah nama lengkap pada tempat yang disediakan
- Bacalah secara cermt terlebih dahulu setiap pertanyaan sebelum anda menjawabnya
- Setelah kuesioner ini diisi secara lengkap, mohon segera diserahkan kembali
B. Identitas Responden:
1.No. Kode Responden :
2.Jenis Kelamin : 1. Laki-laki 2. Perempuan
3. Kelas : 1. IX.1 2. IX.2 3. IX3
4. Usia : 1. <14 tahun
2. 14 tahun
3. 15 tahun
4. > 15 tahun
5. Pekerjaan Orang Tua
1. Tani
2. PNS/POLRI
3. Swasta
4. Lain-lain
C. Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang dianggap paling sesuai dengan pendapat Anda!
Tabel Bobot menurut Skala Likert
Bobot
|
Pilihan
|
Keterangan
|
1
|
STS
|
Sangat Tidak Lengkap
|
2
|
TS
|
Tidak lengkap
|
3
|
CL
|
Cukup lengkap
|
4
|
S
|
lengkap
|
5
|
SS
|
Sangat lengkap
|
I. VARIABEL KELENGKAPAN SUMBER BELAJAR
NO
|
PERNYATAAN
|
ALTERNATIF
JAWABAN
|
||||
PERNYATAAN
|
STL
|
TL
|
CL
|
L
|
SL
|
|
I.
ORANG
SEBAGAI PENYAMPAI PESAN
|
||||||
1
|
Kehadiran guru mata pelajaran IPS di sekolah
|
|||||
2
|
Buku paket pelajaran IPS tersedia di sekolah
|
|||||
3
|
Buku paket paket pelajaran IPS
yang saya miliki
|
|||||
4
|
Buku-buku penunjang selain buku paket tersedia di sekolah
|
|||||
5
|
Buku-buku penunjang IPS yang saya miliki
|
|||||
6
|
Lembar Kerja Siswa (LKS) di sekolah
|
|||||
II.
PERPUSTAKAAN
|
||||||
7
|
Informasi tentang materi
pelajaran yang saya dapat di perpustakaan
|
|||||
8
|
Fasilitas seperti meja kursi, dan koleksi buku-buku di perpustakaan
|
|||||
9
|
Fasilitas seperti meja kursi, dan koleksi buku-buku di perpustakaan
|
|||||
Pemanfaatan perpustakaan sebagai tempat belajar
|
||||||
III. ALAT
|
||||||
10
|
Alat peraga/media belajar IPS (seperti: globe, peta, atlas, gambar,
infocus, computer, radio dll) tersedia di sekolah
|
|||||
11
|
Pengguaan alat peraga/media belajar dalam pelajaran IPS
|
|||||
12
|
Alat-alat tulis (seperti papan tulis, spidol, kapur dll) tersedia di
sekolah
|
|||||
13
|
Alat-alat tulis yang saya miliki
|
|||||
IV. LINGKUNGAN
|
||||||
14
|
Ruang kelas luas dan bersih
|
|||||
15
|
Keamanan dan ketenangan di sekolah
|
|||||
16
|
Keamanan dan ketenangan di rumah
|
II. VARIABEL KEMANDIRIAN MAHASISWA
Jawaban
| ||||||
No
|
Pertanyaan
|
STL
|
TL
|
CL
|
L
|
SL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
| ||
A
|
BEBAS (TIDAK TERGANTUNG PADA ORANG LAIN)
| |||||
1
|
Saya belajar karena keinginan sendiri bukan karena diperintah orang tua
| |||||
2
|
Walaupun guru berhalangan hadir, saya tetap belajar
| |||||
B
|
PROGRESIF DAN ULET
| |||||
3
|
Saya tekun belajar agar memperoleh prestasi tinggi
| |||||
4
|
saya belajar sesuai dengan jadwal yang saya buat sendiri
| |||||
5
|
Saya berusaha untuk mendapatkan nilai yang baik dalam setiap tugas
| |||||
C
|
INISIATIF
| |||||
6
|
Sebelum sekolah, saya menyiapkan sendiri buku-buku, alat tulis dan peralatan lain yang saya butuhkan
| |||||
7
|
Saya berusaha mencari sendiri buku-buku pelajaran selain yang disediakan sekolah
| |||||
8
|
Setelah pulang sekolah saya mengulangi lagi materi pelajaran yang telah dibahas
| |||||
9
|
Jika ada waktu luang saya gunakan untuk membaca atau belajar kelompok
| |||||
D
|
PENGENDALIAN DIRI DARI DALAM
| |||||
10
|
Jika ada materi pelajaran yang saya belum paham, saya berusaha untuk memecahkan sendiri terlebih dulu, apabila tidak tahu maka saya akan bertanya pada guru ataupun berdiskusi dengan teman
| |||||
11
|
Jika materi pelajaran belum saya pahami saya berusaha mencari buku-buku diperpustakaan untuk membantu memahami
| |||||
12
|
Apabila ada tugas atau pekerjaan rumah (PR) yang diberikan guru maka saya akan segera mengerjakannya
| |||||
13
|
Saya mengumpulkan pekerjaan rumah (PR) atau tugas yang diberikan guru tepat waktu
| |||||
14
|
Saya lebih senang membuat sendiri ringkasan materi pelajaran daripada menyalin catatan teman
| |||||
E
|
KEMANTAPAN DIRI
| |||||
15
|
Saya percaya pada kemampuan saya sendiri bahwa saya akan berhasil dalam belajar
| |||||
16
|
Saya puas dengan usaha yang telah saya lakukan untuk meningkatkan hasil belajar saya
|
Sumber:
ENI GUSTINI , TESIS, Manajemen Pendidikan Binadarma, Palembang
Komentar
Posting Komentar