Pengaruh Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Terhadap Profesionalitas dan Kinerja Guru


PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALITAS DAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR DALAM KECAMATAN  SANGA  KABUPATEN MUSI BANYUASIN

IDENTITAS

Nama
: ......(boleh kosongkan)
Jenis Kelamin
:
Usia
:
Pendidikan Terakhir
: SI/S2/S3

 Bobot Penilaian:

Indeks
NILAI
1

Sangat Tidak Baik (STB)
2
Tidak Baik (TB)
3
Cukup (C)
4
Baik (B)
5
Sangat Baik (SB)


Dengan cara memberi tanda (X) yang menurut bapak/ibu paling tepat!

A. VARIABEL KEPEMIMPINAN
NO
PERTANYAAN
JAWABAN
    I.       Kompetensi Kepribadian
STB
TB
C
B
SB
1
Integritas  kepribadian kepala sekolah yang kuat sebagai pemimpin sekolah





2
Kemampuan kepala sekolah mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah





3
Bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin pendidikan





4
Kemampuan dalam bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi





    II.     Kompetensi Manajerial





5
Kemampuan kepala sekolah menyusun perencanaan sekolah





6
Kemampuan kepala sekolah mengembangkan organisasi sekolah, memimpin guru dan staf





7
Kemampuan kepala sekolah mengkomunikasikan visi, misi, tujuan, sasaran, dan program strategis sekolah kepada keseluruhan guru dan staf





8
Kemampuan kepala sekolah mengelola sarana dan prasarana sekolah





9
Kemampuan kepala sekolah mengelola hubungan sekolah masyarakat





   III.     Kompetensi Kewirausahaan





10
Kemampuan kepala sekolah menciptakan inovasi bagi pengembangan sekolah





11
Kemampuan kepala sekolah bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah





12
Motivasi yang kuat dari kepala sekolah dalam memimpin





   IV.     Kompetensi Supervisi





13
Kemampuan kepala sekolah dalam melaksanakan prosedur dan teknik-teknik yang tepat untuk memimpin sekolah pelaporan program pendidikan sesuai dengan prosedur yang tepat





14
Kemampuan kepala sekolah melakukan monitoring dan evaluasi serta membuat pelaporan program pendidikan sesuai dengan prosedur yang tepat





   IV.     Kompetensi Sosial





15
Keterampilan bekerja sama dengan orang lain berdasarkan prinsip yang saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi sekolah





16
Kemampuan berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasyarakatan





17
Kepekaan sosial terhadap orang atau kelompok lain






B. PROFESIONALISME
NO
PERTANYAAN
JAWABAN
    I.       Kompetensi Pedagogik
STB
TB
C
B
SB
1
Kemampuan guru dalam memahami peserta didik





2
Kemampuan guru dalam merancang metode dan melaksanakan proses pembelajaran





3
Kemampuan melakukan evaluasi terhadap hasil belajar





4
 Kemampuan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensinya





    II.       Kompetensi Kepribadian





5
Kewibawaan guru dalam menghadapi siswa pada kegiatan belajar mengajar





6
Kearifan dan kedewasaan guru dalam menghadapi  permasalahan pada kegiatan beajar mengajar





7
Kemampuan guru memberikan teladan kepada siswa pada proses belajar mengajar





8
Kemampuan guru memberikan nasihat-nasihat yang baik kepada siswa





    III.       Kompetensi Profesional





9
Kemampuan guru dalam menjelaskan materi pelajaran





10
Kemampuan guru dalam merancang metode pembelajaran





11
Kemampuan guru memanfaatkan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran





12
Kemampuan guru dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar





    IV.       Kompetensi Sosial





13
Kemampuan guru dalam berinteraksi dengan peserta didik





14
Kemampuan guru dalam bekerjasama dan berkomunikasi dengan rekan sejawat





15
Kemampuan guru dalam berkomunikasi dengan orang tua wali siswa





16
Kemampuan guru dalam bergaul dengan masyarakat sekitar






C. KINERJA


NO
PERTANYAAN
JAWABAN
I.  Kemampuan membuka pelajaran
STB
TB
C
B
SB
1
Kemampuan guru dalam menarik minat belajar siswa





2
Kemampuan guru dalam memotivasi siswa untuk belajar





3
Kemampuan guru dalam menyampaikan materi pelajaran





4
Kejelasan suara atau audio guru dalam penyampaian materi pelajaran





5
Antusiasme guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar





6
Mobilitas guru dalam kegiatan belajar mengajar





7
Kejelasan materi pelajaran yang disampaikan guru





8
Kejelasan guru dalam memberikan contoh bahan ajar





9
Pengetahuan atau wawasan pengetahuan guru dalam materi pelajaran





10
Kemampuan guru dalam menyelesaikan bahan dengan metode ajar





11
Kemampuan guru dalam merespon pertanyaan siswa





12
Kemampuan guru dalam mengalokasikan waktu belajar





13
Kemampuan dalam menggunakan media ajar





14
Ketepatan dalam memanfaatkan media ajar sebagai alat bantu





15
Kemampuan meningkatkan perhatian siswa melalui alat bantu ajar





16
Relevasi antara penilaian dengan materi maupun metode





17
Kemampuan dalam menggunakan berbagai variasi penilaian





18
Tingkat kesesuaian penilaian dengan RPP yang ada





19
Kemampuan guru dalam mereview materi pelajaran





20
Kemampuan guru dalam memberikan kesempatan bertanya siswa





21
Kemampuan guru dalam menyimpulkan materi pelajaran





22
Kemampuan guru dalam memberikan tugas yang sesuai materi ajar





23
Kemampuan guru dalam menginformasikan materi selanjutnya





24
Kemampuan guru untuk membangkitkan semangat siswa untuk terus belajar






Sumber:
Saroli, Manajemen Pendidikan, Binadarma, Palembang

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Paradigma bahasa pemrograman

ANGKET EVALUASI TATA KELOLA TI DENGAN FRAMEWORK COBIT 5