Pengaruh Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Terhadap Profesionalitas dan Kinerja Guru
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PROFESIONALITAS DAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR DALAM KECAMATAN SANGA KABUPATEN MUSI BANYUASIN
IDENTITAS
|
|
Nama
|
: ......(boleh kosongkan)
|
Jenis Kelamin
|
:
|
Usia
|
:
|
Pendidikan Terakhir
|
: SI/S2/S3
|
Bobot Penilaian:
Indeks
|
NILAI
|
1
|
Sangat Tidak Baik (STB)
|
2
|
Tidak Baik (TB)
|
3
|
Cukup (C)
|
4
|
Baik (B)
|
5
|
Sangat Baik (SB)
|
A. VARIABEL KEPEMIMPINAN
NO
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
||||
I. Kompetensi Kepribadian
|
STB
|
TB
|
C
|
B
|
SB
|
|
1
|
Integritas kepribadian kepala sekolah yang kuat
sebagai pemimpin sekolah
|
|||||
2
|
Kemampuan kepala sekolah mengendalikan
diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah
|
|||||
3
|
Bakat dan minat jabatan sebagai pemimpin
pendidikan
|
|||||
4
|
Kemampuan dalam bersikap terbuka dalam
melaksanakan tugas pokok dan fungsi
|
|||||
II. Kompetensi Manajerial
|
||||||
5
|
Kemampuan kepala sekolah menyusun
perencanaan sekolah
|
|||||
6
|
Kemampuan kepala sekolah mengembangkan
organisasi sekolah, memimpin guru dan staf
|
|||||
7
|
Kemampuan kepala sekolah
mengkomunikasikan visi, misi, tujuan, sasaran, dan program strategis sekolah
kepada keseluruhan guru dan staf
|
|||||
8
|
Kemampuan kepala sekolah mengelola
sarana dan prasarana sekolah
|
|||||
9
|
Kemampuan kepala sekolah mengelola
hubungan sekolah masyarakat
|
|||||
III. Kompetensi
Kewirausahaan
|
||||||
10
|
Kemampuan kepala sekolah menciptakan
inovasi bagi pengembangan sekolah
|
|||||
11
|
Kemampuan kepala sekolah bekerja keras
untuk mencapai keberhasilan sekolah
|
|||||
12
|
Motivasi yang kuat dari kepala sekolah
dalam memimpin
|
|||||
IV. Kompetensi Supervisi
|
||||||
13
|
Kemampuan kepala sekolah dalam
melaksanakan prosedur dan teknik-teknik yang tepat untuk memimpin sekolah
pelaporan program pendidikan sesuai dengan prosedur yang tepat
|
|||||
14
|
Kemampuan kepala sekolah melakukan
monitoring dan evaluasi serta membuat pelaporan program pendidikan sesuai
dengan prosedur yang tepat
|
|||||
IV. Kompetensi Sosial
|
||||||
15
|
Keterampilan bekerja sama dengan orang
lain berdasarkan prinsip yang saling menguntungkan dan memberi manfaat bagi
sekolah
|
|||||
16
|
Kemampuan berpartisipasi dalam kegiatan
sosial kemasyarakatan
|
|||||
17
|
Kepekaan sosial terhadap orang atau
kelompok lain
|
B. PROFESIONALISME
NO
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
||||
I. Kompetensi Pedagogik
|
STB
|
TB
|
C
|
B
|
SB
|
|
1
|
Kemampuan guru dalam memahami peserta
didik
|
|||||
2
|
Kemampuan guru dalam merancang metode
dan melaksanakan proses pembelajaran
|
|||||
3
|
Kemampuan melakukan evaluasi terhadap
hasil belajar
|
|||||
4
|
Kemampuan pengembangan peserta didik untuk
mengaktualisasikan potensinya
|
|||||
II. Kompetensi Kepribadian
|
||||||
5
|
Kewibawaan guru dalam menghadapi siswa
pada kegiatan belajar mengajar
|
|||||
6
|
Kearifan dan kedewasaan guru dalam
menghadapi permasalahan pada kegiatan
beajar mengajar
|
|||||
7
|
Kemampuan guru memberikan teladan kepada
siswa pada proses belajar mengajar
|
|||||
8
|
Kemampuan guru memberikan
nasihat-nasihat yang baik kepada siswa
|
|||||
III. Kompetensi
Profesional
|
||||||
9
|
Kemampuan guru dalam menjelaskan materi
pelajaran
|
|||||
10
|
Kemampuan guru dalam merancang metode
pembelajaran
|
|||||
11
|
Kemampuan guru memanfaatkan sarana dan
prasarana yang mendukung pembelajaran
|
|||||
12
|
Kemampuan guru dalam memanfaatkan
teknologi informasi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar
|
|||||
IV. Kompetensi Sosial
|
||||||
13
|
Kemampuan guru dalam berinteraksi dengan
peserta didik
|
|||||
14
|
Kemampuan guru dalam bekerjasama dan
berkomunikasi dengan rekan sejawat
|
|||||
15
|
Kemampuan guru dalam berkomunikasi
dengan orang tua wali siswa
|
|||||
16
|
Kemampuan guru dalam bergaul dengan
masyarakat sekitar
|
C. KINERJA
NO
|
PERTANYAAN
|
JAWABAN
|
||||
I.
Kemampuan membuka pelajaran
|
STB
|
TB
|
C
|
B
|
SB
|
|
1
|
Kemampuan guru dalam menarik minat
belajar siswa
|
|||||
2
|
Kemampuan guru dalam memotivasi siswa
untuk belajar
|
|||||
3
|
Kemampuan guru dalam menyampaikan materi
pelajaran
|
|||||
4
|
Kejelasan suara atau audio guru dalam
penyampaian materi pelajaran
|
|||||
5
|
Antusiasme guru dalam melaksanakan
proses belajar mengajar
|
|||||
6
|
Mobilitas guru dalam kegiatan belajar
mengajar
|
|||||
7
|
Kejelasan materi pelajaran yang
disampaikan guru
|
|||||
8
|
Kejelasan guru dalam memberikan contoh
bahan ajar
|
|||||
9
|
Pengetahuan atau wawasan pengetahuan
guru dalam materi pelajaran
|
|||||
10
|
Kemampuan guru dalam menyelesaikan bahan
dengan metode ajar
|
|||||
11
|
Kemampuan guru dalam merespon pertanyaan
siswa
|
|||||
12
|
Kemampuan guru dalam mengalokasikan
waktu belajar
|
|||||
13
|
Kemampuan dalam menggunakan media ajar
|
|||||
14
|
Ketepatan dalam memanfaatkan media ajar
sebagai alat bantu
|
|||||
15
|
Kemampuan meningkatkan perhatian siswa
melalui alat bantu ajar
|
|||||
16
|
Relevasi antara penilaian dengan materi
maupun metode
|
|||||
17
|
Kemampuan dalam menggunakan berbagai
variasi penilaian
|
|||||
18
|
Tingkat kesesuaian penilaian dengan RPP
yang ada
|
|||||
19
|
Kemampuan guru dalam mereview materi
pelajaran
|
|||||
20
|
Kemampuan guru dalam memberikan
kesempatan bertanya siswa
|
|||||
21
|
Kemampuan guru dalam menyimpulkan materi
pelajaran
|
|||||
22
|
Kemampuan guru dalam memberikan tugas
yang sesuai materi ajar
|
|||||
23
|
Kemampuan guru dalam menginformasikan
materi selanjutnya
|
|||||
24
|
Kemampuan guru untuk membangkitkan
semangat siswa untuk terus belajar
|
Sumber:
Saroli, Manajemen Pendidikan, Binadarma, Palembang
Komentar
Posting Komentar